Minggu, 03 Oktober 2010

METODE RISET

Tema : Citra Pemasaran Perusahaan
Judul : Pengaruh Kualitas Teknik ,Kualitas Fungsional, dan Aktivitas Pemasaran Tradisional Terhadap Citra Perusahaan PT. Telkom Kantor Daerah Tasikmalaya
Oleh : Kartawan, Toto Sugiharto, Sumarna (2003)

A. Latar Belakang Masalah

Saat ini mengglobal nya dunia,makin ketat nya persaingan bisnis. kondisi ini telah mendorong beberapa perusahaan berpikir untuk mencari solusi bagaimana agar perusahaan tetap bertahan dan memenangkan persaingan tersebut.oleh karena itu perusahaan mulai mencari strategi dan salah satu nya Citra, citra mempunya kekuatan di luar perusahaan yang akan menambah nilai bagi produk atau jasa perusahaan.
saat ini belum diketahui bagaimana citra PT. Telkom di mata konsumen hasil upaya-upaya yang telah dilakukan.


B. Tujuan Penelitian

1. Mengukur dan menganalisis persepsi konsumen tentang citra PT.Telkom kandatel Tasikmalaya.
2. Mengukur pengaruh dari kualitas teknikal , kualitas fungsional,dan aktivitas pemasaran tradisional terhadap citra PT.Telkom kandel Tasikmalaya.


C. Metodologi

Subjek penelitian : masyarakat, dengan populasi penelitian adalah seluruh pelanggan Telkom yang berada di wilayah kota Tasikmalaya sebanyak 22.475 pelanggan.

Waktu : penelitian dilaksanakan dui kota tasikmalaya pada tahun 2001/2002

analisis data : Kuisioner yakni uji validitas dan uji reliabilitas.

operasionalisasi variabel : variabel yang di kaji adalah Kualitas teknik,Kualitas fungsonal,Pemasaran tradisional dan citra perusahaan.


D. Hasil Penelitian dan kesimpulan

berdasarkan jawaban responden terhadap semua pertanyaan yang diajukan , diketahui bahwa citra perusahaan sangat baik, 49 responden menyatakan baik,47 responden menyatakan cukup baik.3 menyatakan buruk.
bahwa PT.Telkom sudah baik. citra tersebut dipengaruhi oleh Kualitas teknik,kualitas fungsional, da aktivitas pemasaran tradisional.namun secara parsial kualitas fungsional pengaruh nya tidak nyata.

kesimpulan nya secara serempak variabel kualitas teknik,fungsional, dan pemasaran tadisional berpengaruh nyata terhadap citra perusahaan . sedang kan secara persial hanya variabel teknik dan pemasaran tradisional yang berpengaruh nyata terhadap pembentukan citra perusahaan.
hal ini mengindikasika bahwa meskipun secara individual variabel kualitas fungsional tidak berpengaruh nyata terhadap pembentuka citra perusahaan namun ketika di padukan dengan dua variabel lain nya variabel ini memiliki kontribusi dalam meningkatkan citra perusahaan.


E. Saran dan usulan lanjutan

Dalam upaya meningkatkan citra perusahaan, perlu dilakukan peningkatan terutama dalam dimensi kecepatan dan ketepatan , komunikai petugas, dan kemudahan untuk menghubungi. perlu dilakukan penelitian lanjutan untuk mengetahui faktor yang lain yang mempengaruhi citra perusahaan.

karena pengaruh faktor lainterhadap citra perusahaan masih sangat besar. kepada peneliti selanjutnya disaran kan untuk mengindentifikasi dan meneliti faktor-faktor lain yang mugkin mempengaruhi citra perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar